Kamis, 28 Februari 2013

Pengertian Network Adapter

Network adapter adalah komponen perangkat keras komputer yang menghubungkan komputer ke jaringan komputer.

Dalam sebuah jaringan komputer, setiap mesin harus memiliki kartu jaringan yang terpasang untuk berkomunikasi dengan router jaringan. Router mengarahkan lalu lintas di jaringan lokal dan juga menangani permintaan yang dibuat ke Internet, dan menanggapi tanggapan berikutnya. Kartu jaringan di setiap mesin harus mendukung protokol yang sama sebagai router jaringan sehingga semua perangkat dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama. 

Network adapter atau adaptor jaringan dapat menggantikan kartu jaringan internal saat kartu tidak ada, atau ketika kartu internal tidak mendukung standar yang diperlukan.

Ada dua tipe dasar dari jaringan: kabel dan nirkabel. Adapter jaringan yang dibuat untuk kedua jenis jaringan, dengan lebih banyak variasi di antara rasa nirkabel karena ada berbagai jenis jaringan nirkabel.

Adaptor jaringan dibuat untuk sambungan kabel dongle USB kecil yang memiliki port Ethernet. Ethernet kabel menghubungkan komputer dalam jaringan kabel, dengan RJ45 Ethernet port RJ11 menyerupai standar jack telepon pada steroid. Adaptor dibuat dengan disertai perangkat lunak, dan sistem operasi akan mengenali driver adapter jaringan USB dan menerapkan driver yang tepat setelah perangkat terdeteksi. 

Setelah terdeteksi oleh sistem, maka adaptor jaringan eksternal dapat digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan dengan menjalankan kabel Ethernet dari router ke adaptor jaringan.

Adaptor jaringan, biasanya mengacu pada adaptor jaringan nirkabel. Alat ini populer untuk komputer mobile, karena dapat memungkinkan komputer terhubung ke jaringan nirkabel di rumah atau kantor dari mana saja di sekitarnya tanpa menambatkan kabel Ethernet ke komputer
.
Adaptor jaringan nirkabel terlihat mirip dengan memory stick atau thumb drive: dongle USB kecil dengan lampu LED yang menunjukkan Daya dan pengoperasian. 

Cara menggunakan Network Adapter
Setelah network adapter dimasukkan ke komputer maka adapter jaringan tersebut akan memindai frekuensi radio sinyal wifi atau wireless. Network adapter ini bekerja dengan perangkat lunak sistem untuk menampilkan nama-nama jaringan lokal bagi user. Klik nama jaringan yang ingin digunakan, dan memasok kredensial yang diperlukann untuk surfing nirkabel. Kemudian boot, perangkat secara otomatis dan akan log ke jaringan pilihan.

Kebanyakan komputer laptop disematkan dengan kartu built-in WiFi ®, atau kartu jaringan nirkabel, tetapi ada kalanya kartu diberikan tetapi tidak digunakan sama sekali. Hal ini terutama terjadi ketika standar nirkabel berubah dari satu protokol ke protokol baru, lebih cepat. Kartu lama yang hanya mendukung protokol yang lebih tua tidak akan bekerja dengan router yang hanya mendukung lebih baru ke standar lebih cepat. Standar nirkabel 802.11n saat ini, yang menggantikan standar 802.11g yang lama.

Ketika kartu jaringan internal tidak mendukung standar yang diinginkan, maka terdapat alternatif untuk adaptor eksternal yang dapat menggantikan kartu internal dengan kartu baru. Hal ini mudah dilakukan pada komputer desktop, tetapi tidak begitu mudah di laptop atau notebook.

Sumber: http://id.shvoong.com

1 komentar:

Paipai mengatakan...

makasih sudah share infonya
Power supply hp

Pages